Halaman

Minggu, 04 Mei 2014

Analisis Jenis Topik Wacana



Hanya share, sekedar berbagi informasi ya..
Ini adalah salah satu tugas mata kuliah Analisis Wacana.

Transkrip Percakapan mahasiswa
Saat jam istirahat, Yaya dan Eka bertemu di depan d8.
Yaya    : Ka, nanti pulang kuliah jam berapa?
Eka      : Biasanya sih, hari senin aku pulang jam 12, tapi nanti aku pulang jam 3an ya.
Yaya    : emangnya ada apa ka? Kok jadi pulang sore gitu?
Eka      : itu, dosenku minta jam tambahan, jadi ya terpaksa deh!
Yaya    : Yah, padahal mau tak ajak nyari buku ini ke Wilis.(menunjukkan sebuah buku di tangannya)
Eka      : kalo nanti malem aja gimana?
Yaya    : kalo malem malah aku yang gak bisa. Hehehe
Eka      : Yaa, mau gimana lagi?
Yaya    : Ya udah tak ngajak Rana aja. Mudah-mudahan dia bisa.
Eka      : ngomong-ngomong minggu depan waktu pemilihan umum kamu ikut milih gak?
Yaya    : ikut dong, kan pertama kalinya aku ikut pemilu, kamu?
Eka      : pengen sih, tapi….
Yaya    : tapi apa ka?
Eka      : tapi gak bisa ya.
Yaya    : kenapa?
Eka      : pemilunya kan hari rabu, nah hari selasa dan kamisnya aku full sampek sore kuliah, kalo mau bolos atau ijin mah sayang. Jadi ya gak bisa pulang untuk memilih.
Yaya    : oh gitu, susah juga ya. Emb….
Eka      : kamu rabu pulang ta?
Yaya    : iya aku pulang ka, selasa sore cus ke Ponorogo sama Ryan, kamis itu aku ijin 2 matkul, kalo jumat mah aku emang gak ada kuliah.
Eka      :  enak banget ya, bisa pulkam, bisa nyoblos. Kalo aku nitip sesuatu boleh ya?
Yaya    : nitip apa ka?
Eka      : nitip askesnya adikku. Dulu waktu aku pulang gak sengaja kebawa. Hehehehe.
Yaya    : ok deh. Eh tapi adikmu sakit ta? Kok butuh askes?
Eka      : kemarin sih katanya sakit panas doang, lalu dibawa ke dokter. Jadi lebih baik askesnya aku titipin kamu.
Yaya    : ah tau aja, kalo pakek askeskan gratis.
Eka      : ya begitulah maksudku. Ya udah ya, aku masuk kelas dulu.
Yaya    : Daaa….

Analasis Jenis Topik Wacana
            Percakapan tersebut terdiri atas enam topik, yaitu (1) jam pulang kuliah Eka, (2) Yaya mengajak mencari buku, (3) nyoblos waktu pemilu, (4) pulang kampung, (5) nitip askes, dan (6) adik Eka sakit. Dari keenam topik tersebut, analisis jenis topiknya adalah sebagai berikut.
1.      Berdasarkan jumlah pertukarannya, keenam topik tersebut merupakan topik berkelanjutan, karena dikembangkan lebih dari dua ujaran.
2.      Berdasarkan wujudnya, keenam topik tersebut merupakan topik nyata. Topik (1) jam pulang kuliah Eka merupakan jenis topik nyata yang referensinya berupa tindakan yaitu tindakan pulang Eka. Topik (2) Yaya mengajak mencari buku ke Wilis merupakan jenis topik nyata yang referensinya dipegang. Topik (3) dan (4) merupakan topik nyata yang referensinya berupa kegiatan atau tindakan. Topik (5) askes merupakan topik nyata yang referensinya dilihat, tetapi tidak ditunjuk dan tidak dipegang. Referensi topik tersebut adalah askes yang diketahui oleh Eka yang dibicarakan kepada Yaya. Topik (6) adik eka sakit merupakan topik nyata yang referensinya berupa kegiatan atau tindakan.
3.      Berdasarkan Pengetahuan Pendengar, topik (1), (2), (3), (4), (6) merupakan topik baru, sedangkan topik (5) merupakan topik lama karena askes telah diketahui oleh pendengar.

Konteks: pada jam istirahat kuliah
Widha :  fas aku lapar, yuk kantin yuk?
Fasta    : ayo, cus...
1.      Berdasarkan jumlah pertukarannya, wacana di atas merupakan topik tidak berkelanjutan.
2.      Berdasarkan wujudnya, topik tersebut merupakan topik nyata yang referensinya dilihat tetapi tidak ditunjuk dan dipegang, yaitu kantin yang dilirik oleh Widha.
3.      Berdasarkan Pengetahuan Pendengar, topik tersebut merupakan topik lama.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar