Halaman

Rabu, 28 November 2012

Pembelajaran Menyimak Berita



Nama Sekolah           : SMP
Mata Pelajaran          : Bahasa Indonesia
Kelas/Semester          : VIII/2
Alokasi Waktu           : 2 x 40 Menit

Standar Kompetensi
Kompetensi Dasar
Mendengarkan
1.      Memahami isi berita dari radio/televisi
9.1 Menemukan  pokok-pokok berita (apa, siapa, di mana, kapan, mengapa, dan bagaimana) yang didengar dan atau ditonton  melalui radio/televisi   






Tujuan Pembelajaran           :
Setelah melakukan pembelajaran ini, siswa diharapkan dapat menuliskan pokok-pokok berita yang didengarkan

Kegiatan Pembelajaran
1.      Kegiatan awal
·         Guru memulai pelajaran dengan salam dan.
·         Guru menyampaikan kompetensi yang akan dipelajari.
·         Guru menjelaskan materi tentang berita.
2.      Kegiatan inti
·         Guru memperdengarkan sebuah berita.
·         Guru memberikan pertanyaan terkait berita yang diperdengarkan untuk dikerjakan masing-masing siswa.
·         Guru membahas salah satu hasil pekerjaan siswa.
3.      Kegiatan penutup
·         Guru memandu siswa mengemukakan kesulitan yang dialami dalam menyimak berita.
·         Guru menutup kegiatan belajar mengajar.



Materi
Berita merupakan bentuk laporan tentang suatu kejadian yang sedang terjadi baru baru ini atau keterangan terbaru dari suatu peristiwa. Dengan kata lain berita adalah fakta menarik atau sesuatu hal yang penting yang disampaikan pada masyarakat orang banyak melalui media. Tapi tidak semua fakta bisa diangkat menjadi suatu berita oleh media. Hanya peristiwa yang memiliki nilai berita sajalah yang patut ditulis sebagai berita. Berita dapat disajikan dalam bentuk media cetak, internet, siaran, atau dari mulut ke mulut.
Berita yang disusun untuk dibacakan atau disampaikan secara lisan dalam media massa elektronik (radio dan televisi) memiliki format yang agak berbeda dengan berita dalam media massa cetak (Oramahi, 2003). Berita yang disusun untuk radio dan televisi lebih menekankan pada hal-hal yang penting saja. Uraian tentang hal-hal penting yang dituangkan dalam teras berita tidak selengkap berita dalam media massa cetak. Hal-hal penting dalam berita berupa informasi pokok yang membangun keutuhan informasi. Pokok-pokok berita biasanya dirumuskan sebagai jawaban dari pertanyaan 5W+H (What, Who, Where, When, Why, dan How) berikut ini:
1.      what (apa)       : fakta peristiwa apa yang terjadi
2.      who (siapa)      : siapa yang terlibat / terkena fakta peristiwa itu
3.      where (dimana): dimana fakta peristiwa terjadi
4.      when (kapan)  : kapan fakta peristiwa itu terjadi
5.      Why (mengapa) : mengapa fakta peristiwa itu bisa terjadi
6.      How (bagaimana) : bagaimana fakta peristiwa itu terjadi
Meski demikian, terkadang tidak semua informasi terkait dengan enam pertanyaan tersebut terdapat dalam sebuah berita.

Ini adalah video bahan ajar yang kami gunakan.




LEMBAR PEKERJAAN SISWA

NAMA            :
NO. ABSEN   :
KELAS           :

LAPORAN BERITA
STASIUN TV             :
PEMBACA BERITA :
REPORTER               :

JAWABLAH PERTANYAAN DI BAWAH INI!
1.      Apa yang dilakukan pihak SMA 70 dan SMA 6 di pascatawuran?
2.      Dimana konferensi pers itu diadakan?
3.      Siapa saja yang menghadiri konferensi pers tersebut?
4.      Sejak kapan tradisi tawuran itu terjadi?
5.      Apa yang dikehendaki Kepala SMA 6, Kadarwati Mardi Hutomo?
6.      Bagaimana solusi yang dianjurkan M.Nuh?
7.      Apa tujuan dibentuknya badan pengawas bersama?
JAWABAN

Tidak ada komentar:

Posting Komentar